Selasa, 18 Mei 2010

Artikel Opini
Busana yang Indah, Busana Muslimah

Yogyakarta : Pakaian akan mencerminkan sikap dan sifat seseorang, karena dari pakaian yang dikenakannya, seseorang dapat dinilai baik buruknya orang tersebut.

Saat ini, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tentu semakin membawa kehidupan manusia ke arah yang lebih baik serta canggih. Tidak hanya itu, manusia akan selalu di iming-imingi dengan hal-hal yang modern, baik dari hal terkecil hingga hal yang terbesar. Sebagai contoh saja pakaian yang setiap tahunnya berganti mode. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi pun membawa manusia kepada hal-hal baru yang pada akhirnya manusia menjadi korban dari itu semua.

Model pakaian yang berkembang setiap tahunnya merupakan hasil karya daur ulang dari beberapa puluh tahun terakhir. Banyak para perancang busana yang selalu memberikan gagasan tersendiri sehingga masyarakat tertarik dengan hasil karya mereka. Terlebih diantara para konsumen, mereka berani membeli dengan harga yang cukup tinggi, dan biasanya hal ini terjadi pada kaum wanita.

Padahal, dilihat dari fungsi pakaian itu sendiri ialah hanya untuk menutupi tubuh manusia, dimana dengan mengenakan pakaian seseorang akan lebih terlihat indah dan enak dipandang, tidak perlu pakaian yang mahal untuk dikenakan. Cukup yang sederhana saja sehingga tidak mubazir uang yang digunakan untuk membeli pakaian tersebut. Dan yang sangat disayangkan, saat ini banyak sekali para kaum wanita yang mengumbar auratnya (dalam hal ini umat muslim), yang mana dalam mengenakan pakaian mayoritas mengikuti mode terbaru dan gaya hidup yang glamor. Mereka seringkali memakai pakaian yang seharusnya tidak layak pakai karena ukuran yang minimalis dan terlalu banyak bagian yang seharusnya ditutupi tetapi justru dibuka dan diperlihatkan. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi diri orang tersebut dan orang lain. Dengan pakaian yang bisa dikatakan “tidak layak pakai” karena terlalu minimalis dan terbuka, tentu sedikit banyak akan menimbulkan berbagai macam kejahatan.

Dalam ajaran Islam surat An-Nur: 31 mengatakan, “Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang beriman supaya kamu beruntung.

Dari makna surat An-Nur ayat 31 di atas terlihat jelas bahwa, sebagai kaum muslimah hendaklah kita menutup aurat yang seharusnya memang tidak untuk diperlihatkan. Dan jelas pula bahwa sebagai wanita muslimah hendaklah kita menahan pandangan, seperti dalam hal berpakaian. Di luar sana tentu banyak sekali mode pakaian yang beraneka ragam. Dalam hal ini, kita tentu di harapkan agar mampu memilih dan memilah mana yang baik dan yang tidak. Kita sebagai wanita muslimah hendaklah berpakaian yang sewajarnya dan diharapkan untuk mampu menutup aurat, karena dengan begitu InsyaAllah kita akan selalu dilindungi oleh Allah SWT dari berbagai macam kejahatan. (Dwi Ariani : 153 080 198)

0 komentar:

Posting Komentar