Selasa, 18 Mei 2010

Opini - Kartini VS Perempuan Saat Ini

Kartini dahulu adalah sosok perempuan sederhana yang terbelenggu oleh adat istiadat keluarga ningrat sehingga untuk bersekolahpun masih diberi keterbatasan. Penampilannya bersahaja dan tidak terlalu mengandalkan kecantikan fisik tetapi kehausan beliau akan ilmu pengetahuan yang mengantarnya menjadi sosok yang tidak akan terlupakan sepanjang masa, khususnya bagi perempuan-perempuan Indonesia.
Perempuan Indonesia hari ini kebanyakan lebih mengutamakan materi sebagai hal pokok hidup mereka. Perempuan yang bebas memilih sekolah apapun yang hendak dimasukinya tanpa perlu terkungkung oleh keterbatasan hak dan kewajiban tetapi terkadang disia-siakan. Dari segi penampilan mereka sangat glamor dan cenderung memamerkan fisik untuk mencapai sesuatu (contohnya coba lihat calon legislatif perempuan yang sedang ramai dibicarakan) dan perempuan Indonesia ada juga yang sudah kehilangan jiwa perempuannya dengan lebih mengandalkan membeli makanan ketimbang memasak sendiri, menitipkan anak-anak mereka ke seorang baby sitter ketimbang menjaganya sendiri, memberikan susu kalengan sebagai pengganti ASI karena mereka tidak ingin kecantikannya pudar dengan menyusui.
Memang tidak semua perempuan Indonesia seperti itu tetapi akan kita temukan banyak hal seperti itu seiring dengan bertambahnya waktu.

( Christina N / 153080104 )

0 komentar:

Posting Komentar