Rabu, 19 Mei 2010

OPINI- MAHALNYA BIAYA MASUK KE PERGURUAN TINGGI SWASTA


YOGYAKARTA- Sekarang ini pendidikan di Indonesia cukup mahal. Berbagai perguruan tinggi swasta saling bersaing untuk menarik calaon mahasiswa. Sekarang biaya masuk ke perguruan tinggi sangat mahal. Sehingga menimbukan polemic dimasyarakat. Bagi masyarakat yang kurang mampu, yang ingin menyekolahkan anaknya tentu akan berfikir ulang untuk memasukkan anaknya ke perguruan tinggi swasta. Hal ini lah yang menyebabkan sumber daya manusia di Indonesia kurang berkembang. Memiliki potensi sumber daya manusia yang besar tetapi terhambat oleh mahalnya pendidikaan.

Saat ini untuk masuk ke perguruan tinggi diperlukan biaya lebih dari 10 juta untuk sekali masuk. itu pun belum ditambah biaya lain. Banyak PTS menyaring calon mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi menggunakan berbagai jalur pendaftaran. Baik secara on line atau pun manual. Banyaknya jalur pendaftaran yang dibuka namun belum tentu lulus tes. Padahal biaya pendaftaran saat ini sekitar 120 ribu sampai 175 ribu. Lebih ironisnya lagi, disalah satu perguruan tinggi swasta di Jogja ada oknum pegawai yang menjual satu jawaban soal dengan harga 500 ribu per soal. Menawarkan kepada calon mahasiswa yang tidak lolos tes. Hal inilah yang menyebabkan citra pendidikan di Indonesia buruk.

Memang perlu diakui biaya untuk masuk ke perguruan tinggi swasta sangat mahal jika dibandingkan masuk di perguruan tinggi negeri. Karena mahalnya biaya banyak orang tua yang menyarankan anaknya masuk ke perguruan tinggi negeri dibandingkan perguruan tinggi swasta yang membutuhkan biaya yang sangat besar.

Alternative solusi

Untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, tentunya harus berfikir untuk mencari universitas yang terbaik. Mencari perguruan tinggi yang memiliki kwalitas dan mutu pendidikan yang bagus. Beberapa langkah yang dapat ditempuh misalnya seperti survey atau browsing tentang suatu PTS atau PTN di Internet, pilih universitas yang memiliki jurusan yang diminati.

Jika ingin masuk ke perguruan tinggi negeri persiapkanlah diri untuk meghadapi persaingan yang sangat ketat, karena saat ini PTN masih banyak diminati banyak orang dibandingkan dengan PTN karena biayanya lebih murah daripada PTS. Selain itu jika tidak diterima di PTN, pilihlah PTS yang memiliki kwalitas pendidikan yang bermutu baik. Saat ini persaingan sangat ketat, di dunia pendidikan sebuah universitas/ perguruan tinggi bukan lagi ajang untuk menunjukan prestise seseorang tetapi gunakanlah untuk menuntut ilmu sebaik mungkin.

(ENDAH SETIYANINGRUM/153080077/F)

0 komentar:

Poskan Komentar