Senin, 03 Mei 2010

Tugas Individu Feature (Christina Natalia / 153080104/F)

Warna dan Rasa yang Manis di Malioboro

Jogjakarta, Srikandi Ayu, Tangan yang keriput dan tubuh yang mulai renta itu dengan sabar menjajakan arum manis yang berwarna-warni di pinggiran toko Malioboro.

Sejak pukul 14.30, Pak Saeto (44 tahun), sudah menempatkan arum manis jualannya di ujung toko dekat perbatasan antara Malioboro dengan Benteng Vrederburg. Dengan berbekal pikulan kayu dan sebotol air minum, Pak Saeto menjajakan jualannya kepada orang-orang yang berlalu lalang di depannya. Pekerjaaan ini sudah dilakoninya selama 3 tahun untuk menghidupi istri dan 3 anaknya yang masih sekolah.

Sebelum berjualan arum manis, Pak Saeto berjualan bolang-baling di daerah rumahnya Wonosari bersama sang istri. Karena penghasilan dari berjualan bolang-baling dirasa kurang, Pak Saeto merantau ke Jogjakarta dan mendapat pekerjaan sebagai penjual arum manis yang berpusat di Umbulharjo. Demi kebutuhan keluarganya, Pak Saeto rela hidup berjauhan dengan keluarganya dan tinggal di rumah pemilik usaha arum manis yang dijualnya.

Sehari-harinya Pak Saeto membawa 25 buah arum manis, dan selesai berjualan beliau harus menyetor Rp 32.500,00 kepada pemiliknya. Diakuinya keuntungan dari berjualan arum manis lebih besar daripada berjualan bolang-baling. Karenanya sampai saat ini beliau masih terus menekuni usaha itu demi kehidupan keluarganya dan supaya 3 orang anaknya tidak putus sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar